Dikatakan sahabat itu bila ia benar-benar hadir sebagai seorang sahabat. Namun sayang, banyak yang dianggap sahabat padahal hakikinya ia bukan sahabat sejati. Untuk membedakan sahabat sejati berikut 3 jenis sahabat di dunia:

1. Sahabat Kapitalis
Sahabat tipe ini hanya ada saat kita punya banyak manfaat atau ada saat kita posisi sukses. Misal ada saat kita punya uang banyak, ada keperluan baru hubungi kita, atau ia sedang susah lalu datang meminta bantuan sama kita. Sementara saat kondisi nyaman atau dia sudah sukses ia tidak menghubungi kita. Persahabatan seperti ni wajarlah disebut persahabatan kapitalis sebab tipe kapitalis dibangun atas dasar manfaat. Logikanya adalah ada gula ada semut, ada manfaat disitu kita kumpul.
.
2. Sahabat Sosialis
Sahabat sosialis ia sahabat yang menjunjung tinggi kesama rataan. Jika kita sukses dia juga harus sukses, walau dia tidak bekerja. Jika dia sakit, maka kita juga harus sakit walau kita sedang sehat. Jika kita susah, maka kita juga harus susah. Jika dia bahagia, kita juga harus bahagia. Semua harus sama rata, tidak peduli satu bekerja atau tidak pokoknya sama rata. Logika yang dipakai logika mesin, satu mati harus mati semua, begitu sebaliknya.

3. Sahabat Dalam Islam.
Sahabat Islam logikanya adalah satu tubuh. Jika perut sakit maka kaki ikut membantu mencarikan obat. Kepala sakit, maka tangan ikut bergerak cari obat juga atau mulut berteriak-teriak minta tolong. Begitulah logika dalam Islam. Jika saudara sedang sedih, makan sebagai sahabat berusaha menghibur. Jika sahabat sedang bahagia sekali, kita ingatkan jangan sampai ia larut dalam kebahagian hingga lupa pada pencipta. Jika sedang sulit, kita bantu. Jika galau kita motivasi. Itulah persahabatan dalam Islam.

Sebagaiman hadist Rasul:
Perumpamaan orang-orang mukmin dalam berkasih sayang bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota badan merintih kesakitan maka sekujur badan akan merasakan panas dan demam”. (HR. Muslim).
.
Oleh @LaOdeMunafar, penggagas IndonesiaTanpaPacaran

http://indonesiatanpapacaran.com/wp-content/uploads/2019/10/3-jenis-sahabat-1024x1024.jpghttp://indonesiatanpapacaran.com/wp-content/uploads/2019/10/3-jenis-sahabat-150x150.jpgindonesiatanpapacaran#IndonesiaTanpaPacaranArtikelDakwahIndonesia Tanpa PacaranLa Ode MunafarMotivasiDikatakan sahabat itu bila ia benar-benar hadir sebagai seorang sahabat. Namun sayang, banyak yang dianggap sahabat padahal hakikinya ia bukan sahabat sejati. Untuk membedakan sahabat sejati berikut 3 jenis sahabat di dunia: 1. Sahabat Kapitalis Sahabat tipe ini hanya ada saat kita punya banyak manfaat atau ada saat kita posisi sukses....