Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam, setidaknya menyebut seseorang yang sudah siap menikah itu dengan istilah “ba-ah”. Diambil dari Hadits Rasulullah yang cukup masyhur dikalangan para jomblo fi sabilillah. Ba-ah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan arti “mampu”. Tapi mampu yang bagaimana? Begini penjelasannya.
.
Yang Pertama, Mampu secara biologis. Yaitu, sudah sampai pada Baligh (diatas 15 tahun), berakal sehat yang mampu membuat dia berpikir dan tidak gila serta memiliki kesehatan fisik biologis yaitu siap untuk membuahi atau dibuahi.
.
Yang kedua, Mampu secara finansial. Yaitu, mampu untuk membeli mahar. Tidak harus yang wah, tetapi sesuai dengan kemampuannya. Mampu juga untuk berikan nafkah materi sekurang-kurangnya untuk makan setiap hari, dan mampu juga memberikan tempat tinggal (QS at-Talaq ayat 6). Tidak harus tempat tinggal yang mewah, dan tidak harus langsung membeli rumah. Ngontrak ataupun kos pun sudah termasuk dalam ini.

Yang ketiga, Mampu secara ilmu. Yaitu telah mengerti dan memahami hak dan kewajiban suami istri masing-masing dalam agama maupun negara. Memahami persoalan fiqih-fiqih rumah tangga yang dasar, mampu membaca Al-Quran, serta paham ilmu rumah tangga yang lainnya. Misalnya, bagi suami mengerti psikologi wanita, dan wanita mengerti psikologi laki-laki.
.
Jika ketiga kriteria diatas sudah antum miliki, lalu menunggu apa lagi untuk menikah?

http://indonesiatanpapacaran.com/wp-content/uploads/2019/08/photo_2019-08-01_09-54-25.jpghttp://indonesiatanpapacaran.com/wp-content/uploads/2019/08/photo_2019-08-01_09-54-25-150x150.jpgindonesiatanpapacaran#IndonesiaTanpaPacaranAqidahArtikelcatatanIndonesia Tanpa PacaranRasulullah Shalallahu 'alaihi wa salam, setidaknya menyebut seseorang yang sudah siap menikah itu dengan istilah 'ba-ah'. Diambil dari Hadits Rasulullah yang cukup masyhur dikalangan para jomblo fi sabilillah. Ba-ah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan arti 'mampu'. Tapi mampu yang bagaimana? Begini penjelasannya. . Yang Pertama, Mampu secara biologis. Yaitu, sudah sampai...