Mengapa Harus Nikah Syar’i?
.
Pernikahan adalah ibadah yang jelas rukun dan syaratnya dalam Islam. Pernikahan, tanpa embel-embel ‘syar’i’ dibelakangnya pun, tetap saja suatu ibadah yang di syariatkan. Tambahan embel-embel ‘syar’i’ dibelakangnya sebagai bentuk pembeda. Karena ternyata seiring berkembangnya zaman, ada pernikahan yang tidak syar’i.
.
Nah, mengapa harus menikah dengan cara yang syar’i atau sesuai dengan syariat? Jelas karena merupakan tuntutan keimanan dan ketakwaan seorang muslim, agar senantiasa terikat dengan hukum syara’ dalam setiap perbuatannya. Apapun itu perbuatannya, harus senantiasa dipertimbangkan, apakah sesuai syariat atau tidak.
.
Syariat adalah ‘alat’ dari Allah Ta’ala untuk mengatur manusia agar sesuai dengan apa yang Allah Ta’ala inginkan. Dengan seiring berkembangnya zaman yang semakin modern dan berasimilasi dengan budaya yang tidak Islami, maka seorang muslim perlu cermat untuk memilah dan memilih dalam melangkah untuk melakukan setiap perbuatannya.
.
Pernikahan yang syar’i bukanlah pernikahan yang sulit pelaksanaannya. Syaratnya tidaklah berat, bahkan seringnya terasa berat tatkala pernikahan itu berhadapan dengan adat dan budaya masyarakat. Dengan membuang hal-hal yang merusak pernikahan (baca: kemungkaran) yang biasa dilakukan dewasa ini oleh kaum muslimin di Indonesia, maka itulah pernikahan syar’i.
.
Sebab pernikahan bukan hanya ibadah yang harus terlengkapi rukun dan syaratnya, tetapi juga dapat menjadi syiar dakwah, tatkala pernikahan itu dilaksanakan sesuai syariat. Lebih penting lagi, bahwa menikah dengan syar’i lebih dekat pada ridho-Nya. In syaa Allah.
.
Ditulis oleh @AdjihMubarok Tim Penulis @IndonesiaTanpaPacaran
.
#IndonesiaTanpaPacaran #GerakanNikahMuda #CalonUmiShalehah #NikahAsik #DakwahKampus #IslamicWedding #Wedding #DakwahAsik #YukNgaji #IndonesiaBertauhid #GerakanRemajaBerhijrah

http://indonesiatanpapacaran.com/wp-content/uploads/2019/07/f2401e91-d313-4cae-b32c-3b418dda6d54.jpghttp://indonesiatanpapacaran.com/wp-content/uploads/2019/07/f2401e91-d313-4cae-b32c-3b418dda6d54-150x150.jpgindonesiatanpapacaranArtikelCintaDakwahIbadahIndonesia Tanpa PacaranMotivasiMuslimahPernikahan IslamRemajaTsaqofahUncategorizedMengapa Harus Nikah Syar'i? . Pernikahan adalah ibadah yang jelas rukun dan syaratnya dalam Islam. Pernikahan, tanpa embel-embel 'syar'i' dibelakangnya pun, tetap saja suatu ibadah yang di syariatkan. Tambahan embel-embel 'syar'i' dibelakangnya sebagai bentuk pembeda. Karena ternyata seiring berkembangnya zaman, ada pernikahan yang tidak syar'i. . Nah, mengapa harus menikah dengan cara yang...