Mengedukasi Keluarga dengan Pernikahan Syar’i
.
Ikhwan dan akhwat yang telah melaksanakan proses ta’aruf dan sudah sampai pada tahapan khitbah, setelahnya mestilah akan merencanakan pernikahan. Baik itu konsepnya hingga teknisnya. Jika orang tuanya sudah paham konsep Pernikahan Syar’i tentu mudah. Yang sedikit menghambat biasanya pada orang tua yang belum paham.
.
Kita tidak bisa memungkiri, bahwa konsep pernikahan syar’i di Indonesia masih belum umum. Tingkat pengetahuan masyarakat terhadap konsep tersebut masihlah awam dan tidak populer. Adat budaya masyarakat biasanya menjadi acuan konsep pernikahannya, terutama bagian pesta atau walimahnya.
.
Nah, seperti apakah konsep pernikahan syar’i? Singkatnya, pernikahan syar’i adalah pernikahan yang di dalamnya: (1) Tidak bercampur baur antara lawan jenis yang bukan mahram; (2) Makanan & Minuman yang disajikan semuanya halal; (3) Tidak ada hiburan mengumbar aurat & seronok; (4) Tidak ada foto pre-wedding yang bercampur baur; (4) Tidak ada standing party; (5) Tidak memajang pengantin wanita di pelaminan, dsb.
.
PR yang harus dilakukan oleh mereka yang akan menikah setelah melalui proses ta’aruf & khitbah, adalah memahamkan konsep diatas kepada keluarga yang belum paham. Edukasi kepada keluarga ini termasuk bagian dari syiar ajaran Islam yang benar-benar ingin mengeliminasi keharaman dari pernikahan konvensional yang selama ini ada. Berharap ketika mengerjakannya sesuai syariah, akan menuai berkah dan mendapat ridho dalam pernikahan.
.
So, yang perlu dijadikan prinsip adalah bahwa menikah secara syar’i itu adalah kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan. Dan menyampaikan hal ini kepada keluarga yang belum paham adalah satu perjuangan. In syaa Allah dicatat sebagai amal sholeh dan mendapatkan pahala ibadah dakwah dari Allah. Semangat!
.
Ditulis oleh @AdjihMubarok Tim Penulis @IndonesiaTanpaPacaran
.
#IndonesiaTanpaPacaran #GerakanNikahMuda #CalonUmiShalehah #NikahAsik #DakwahKampus #IslamicWedding #Wedding #DakwahAsik #YukNgaji #IndonesiaBertauhid #GerakanRemajaBerhijrah

http://indonesiatanpapacaran.com/wp-content/uploads/2019/07/e4df90e8-6098-4dc0-9839-d7c1361984ee.jpghttp://indonesiatanpapacaran.com/wp-content/uploads/2019/07/e4df90e8-6098-4dc0-9839-d7c1361984ee-150x150.jpgindonesiatanpapacaran#IndonesiaTanpaPacaranArtikelCintaDakwahIndonesia Tanpa PacaranMotivasiMuslimahNafsiyahPernikahan IslamMengedukasi Keluarga dengan Pernikahan Syar'i . Ikhwan dan akhwat yang telah melaksanakan proses ta'aruf dan sudah sampai pada tahapan khitbah, setelahnya mestilah akan merencanakan pernikahan. Baik itu konsepnya hingga teknisnya. Jika orang tuanya sudah paham konsep Pernikahan Syar'i tentu mudah. Yang sedikit menghambat biasanya pada orang tua yang belum paham. . Kita tidak...