Jangan Mencampur-adukkan Kebaikan dengan Keburukan
.
Apa itu kebaikan? Yaitu segala sesuatu yang dipandang oleh Allah sebagai kebaikan, melalui wahyu-Nya dan kita diperintahkan untuk melakukannya. Sedangkan keburukan adalah sebaliknya, yaitu segala sesuatu yang dipandang buruk oleh Allah dan diperintahkan untuk dijauhi.
.
Kebaikan dan keburukan ini bukanlah sesuatu yang samar, tetapi adalah perkara yang sangat jelas. Dalam Hadits disampaikan, bahwa “yang halal itu jelas, dan yang haram itu jelas, diantara keduanya ada syubhat (samar-samar)”, dan kita diperintahkan untuk menjauhi sesuatu yang samar-samar tersebut.
.
Pacaran itu adalah perkara yang jelas hukumnya dalam Islam. Dia didalmnya terdapat aktivitas khalwat dan mendekati zina, oleh karenanya, termasuk dalam keburukan. Sebab, dalam Hadits kita diperintahkan untuk tidak berkhalwat dengan lawan jenis yang bukan mahram (HR Ahmad), dan dalam Al-Quran kita diperintahkan untuk menjauhi zina (QS Al Isra ayat 32). Jelas sekali perintahnya.
.
Maka, adalah termasuk perbuatan yang dibenci oleh Allah jika ada yang mencampur-adukkan antara kebaikan dengan keburukan. Dalam QS Al Baqarah ayat 42 disampaikan larangan untuk mencampur-adukkan keduanya. Contohnya misalnya, apa yang terjadi di sekitar kita, ketika menjadikan pacaran sebagai bagian wajib dari prosesi pernikahan. Padahal keduanya datang dari muara yang berbeda dan tak seharusnya bercampur.
.
Karena pacaran adalah keburukan dan pernikahan adalah ibadah, maka tak sepatutnya mencampur-adukkan keduanya. Sungguh keliru jika ada yang mengatakan bahwa pacaran adalah penjajakan menuju pernikahan. Karena pernikahan, selayaknya kebaikan yang lain, sepatutnya dilalui dengan proses yang baik pula, bukan dengan keburukan. Wallahu a’lam. Semoga menjadi renungan bersama.
.
Ditulis oleh @AdjihMubarok Tim Penulis @IndonesiaTanpaPacaran
.
#IndonesiaTanpaPacaran #GerakanNikahMuda #CalonUmiShalehah #NikahAsik #DakwahKampus #IslamicWedding #Wedding #DakwahAsik #YukNgaji #IndonesiaBertauhid #GerakanRemajaBerhijrah

http://indonesiatanpapacaran.com/wp-content/uploads/2019/06/w.jpghttp://indonesiatanpapacaran.com/wp-content/uploads/2019/06/w-150x150.jpgindonesiatanpapacaran#IndonesiaTanpaPacaranArtikelCintaDakwahIndonesia Tanpa PacaranMotivasiMuslimahNafsiyahJangan Mencampur-adukkan Kebaikan dengan Keburukan . Apa itu kebaikan? Yaitu segala sesuatu yang dipandang oleh Allah sebagai kebaikan, melalui wahyu-Nya dan kita diperintahkan untuk melakukannya. Sedangkan keburukan adalah sebaliknya, yaitu segala sesuatu yang dipandang buruk oleh Allah dan diperintahkan untuk dijauhi. . Kebaikan dan keburukan ini bukanlah sesuatu yang samar, tetapi adalah perkara...