Culture Shock dan Budaya Pacaran
.
Culture Shock atau gegap budaya atau kejut budaya, adalah salah satu fenomena yang tidak bisa dinafikan ada dalam masyarakat kita di Indonesia yang heterogen. Terjadi karena adanya seseorang yang memiliki budaya satu, kemudian berpindah ke dalam satu nilai tatanan masyarakat yang memiliki budaya yang lain.
.
Contohnya adalah ketika seorang perantau dari desa, kemudian bekerja di kota yang serba cepat, serba instan, serba materialistik, biasanya jika tidak mampu mempertahankan budayanya, maka akan ikut melebur seperti orang perkotaan. Minimal ketika dia kembali ke desanya, ketika dia berbicara, ada “elu gue”nya.
.
Culture Shock ada yang positif dan ada yang negatif. Tergantung dari budaya mana yang berubah, dan budaya mana yang mengubah. Standarnya adalah apakah budaya-budaya tersebut sesuai dengan nilai-nilai Islam atau tidak. Jika sesuai maka positif, jika tidak maka ini negatif.
.
Pacaran, sebagai bagian dari budaya yang wajar di kota adalah budaya negatif. Banyak perantau-perantau yang ketika datang kembali ke daerahnya, membawa budaya pacaran dan meracuni daerahnya.
.
Bukan hanya melalui para perantau, pacaran juga disebarkan lewat tontonan sinetron yang sering sekali menampilkan budaya-budaya perkotaan yang ditonton oleh masyarakat daerah. Ini adalah salah satu bentuk shock culture. Malangnya, banyak daerah-daerah yang akhirnya budayanya sudah mulai bergeser menjadi seperti perkotaan.
.
Akhirnya, kita memiliki PR yang lebih besar saat ini untuk memberantas pacaran. Bukan hanya soal membuat satu-dua pasangan untuk putus, tetapi juga memutus pengaruh banyak hal yang membuat para remaja akhirnya terjebak pacaran. Mari singsingkan lengan dan kumpulkan tenaga untuk beramar ma’ruf nahi munkar.
.
Ditulis oleh @AdjihMubarok Tim Penulis @IndonesiaTanpaPacaran
.
#IndonesiaTanpaPacaran #GerakanNikahMuda #CalonUmiShalehah #NikahAsik #DakwahKampus #IslamicWedding #Wedding #DakwahAsik #YukNgaji #IndonesiaBertauhid #GerakanRemajaBerhijrah

http://indonesiatanpapacaran.com/wp-content/uploads/2019/03/d8a3a7f8-6cf4-4bd0-9930-72a65907477d.jpghttp://indonesiatanpapacaran.com/wp-content/uploads/2019/03/d8a3a7f8-6cf4-4bd0-9930-72a65907477d-150x150.jpgindonesiatanpapacaran#IndonesiaTanpaPacaranArtikelCintaDakwah  Culture Shock dan Budaya Pacaran . Culture Shock atau gegap budaya atau kejut budaya, adalah salah satu fenomena yang tidak bisa dinafikan ada dalam masyarakat kita di Indonesia yang heterogen. Terjadi karena adanya seseorang yang memiliki budaya satu, kemudian berpindah ke dalam satu nilai tatanan masyarakat yang memiliki budaya yang lain. . Contohnya...