Tugas Utama Seorang Istri Mengurusi Rumah Tangga. Sementara dakwah adalah kewajiban juga. Karena itu, jangan dibenturkan.
.
Hal paling pokok bagi umi shalehah jika berdakwah adalah tidak boleh mengabaikan tugas utama seorang istri. Jangan menjadikan alasan sibuk dakwah lalu urusan rumah tangga jadi terlantar. Dalam kitab Nidzhamul Ijtma’i fil Islam, Syaikh Taqiyuddin An Nabhani menjelaskan, “Hukum asal seorang wanita adalah ibu bagi anak-anak dan pengelola rumah suaminya. Ia adalah kehormatan yang wajib dijaga.”
.
Selain itu, dalam sebuah riwayat juga dituturkan, bahwasanya Ibnu Abbas berkata,
“Sesungguhnya seorang perempuan telah datang kepada Rasulullah, lalu ia berkata, ‘Wahai Rasulullah, saya ini utusan dari kaum perempuan untuk menemuimu. Jihad ini diwajibkan Allah kepada kaum laki-laki. Jika mereka menang, mereka mendapat pahala, dan jika mereka terbunuh, mereka masing tetap hidup di sisi Tuhan mereka, dan mendapatkan rejeki. Sedangkan kami kaum perempuan hanya membantu mereka. Lantas, apa bagian kami dalam hal ini.’ Rasulullah ﷺ menjawab, ‘Sampaikanlah kepada perempuan-perempuan yang kamu temui, bahwa taat kepada suami dan mengakui hak-haknya adalah sama dengan itu (jihad di jalan Allah)’. (Lihat Sayyid Sabbiq, Fiqh Sunnah)
.
Dalil di atas menegaskan bahwa tugas utama seorang istri adalah mengurusi rumah tangga. Sementara dakwah adalah kewajiban juga. Karena itu, jangan dibenturkan. Jangan sampai mengatakan, “Ah, saya enggak usah dakwah, yang penting bisa mengurus rumah tangga.” atau berkata sebaliknya, “Ah, saya enggak usah mengurusi rumah tangga, yang penting bisa dakwah”. Ingat, baik dakwah maupun mengurusi rumah tangga sama-sama kewajiban yang harus dilakukan.
.
@LaOdeMunafar dalam buku #CalonUmiShalehah

http://indonesiatanpapacaran.com/wp-content/uploads/2018/03/4-1.jpghttp://indonesiatanpapacaran.com/wp-content/uploads/2018/03/4-1-150x150.jpgindonesiatanpapacaranArtikelMuslimah  Tugas Utama Seorang Istri Mengurusi Rumah Tangga. Sementara dakwah adalah kewajiban juga. Karena itu, jangan dibenturkan. . Hal paling pokok bagi umi shalehah jika berdakwah adalah tidak boleh mengabaikan tugas utama seorang istri. Jangan menjadikan alasan sibuk dakwah lalu urusan rumah tangga jadi terlantar. Dalam kitab Nidzhamul Ijtma’i fil Islam, Syaikh...