Gak Bisa MendadakGaulfresh.com – Memiliki anak yang taat agama dengan sepaket kebaikan lainnya adalah impian semua orang tua. Tapi menciptakan hal tersebut bukanlah hal yang mudah dan bisa mendadak langsung terasa enaknya. Gak kaya sambal, setelah buat terus dimakan langsung terasa pedasnya.

Mendidik anak untuk menjadi taat tidak bisa dalam waktu singkat, semuanya membutuhkan proses. Tidak bisa detik pertama menginginkan anak yang baik, kemudian detik kedua langsung tercipta. Mengajarkan anak berjalan saja perlu waktu, apalagi mengajarkan anak untuk taat. Coba saja perintahkan shalat pada anak SMP yang sejak kecilnya tidak pernah dibiasakan untuk shalat, saya yakin anak tersebut tidak akan melaksanakannya sekalipun melaksanakan gak akan benar dalam pelaksanaannya. Benar gak? Benar kan? Benar dong? Hehehe

Iya semuanya gak bisa mendadak. Jika menginginkan anak shaleh maka didiklah anak sejak kecil bahkan sejak masih dalam kandungan. Kenalkan ia dengan ayat-ayat Al Qur’an dengan cara diperdengarkan, latihlah ia melaksanan amal ibadah sejak kecil sehingga beranjak baligh ia telah terbiasa dan merasa ringan melaksanakan segala macam ibadah. Sekali-kali hukum ia jika melakukan kesalahan agar ia enggan untuk mengulanginya.

Lebih sering dilatih maka akan lebih mahir dalam pelaksanaan, bukan begitu?? Lebih cepat melatih maka lebih baik lagi kualitas pelaksanaannya. Jadi semuanya tidak bisa mendadak, segala yang mendadak tidak akan mencapai hasil yang maksimal. Contohnya Imam Syafi’i saja bisa menghafal Al-Qur’an dan ribuan hadist di usia tujuh tahun ia dilatih ibunya sejak masih dalam kandungan. Semuanya tidak bisa instan, yang instan bisa berbahaya. Yaaah contohnya mie instan kan banyak bahayanya daripada manfaatnya.

Yuk mulai sekarang persiapkan masa depan. Persiapkanlah segala segala sesuatu dengan maksimal agar mendapat hasil yang memuaskan.

 

 

Oleh: Sarah Mulyani (Kontributor Gaul Fresh)

sarah mulyani#IndonesiaTanpaPacaranDakwahMotivasiAnak shalih,Gak bisa menddak,instan,Proses,sabarGaulfresh.com – Memiliki anak yang taat agama dengan sepaket kebaikan lainnya adalah impian semua orang tua. Tapi menciptakan hal tersebut bukanlah hal yang mudah dan bisa mendadak langsung terasa enaknya. Gak kaya sambal, setelah buat terus dimakan langsung terasa pedasnya. Mendidik anak untuk menjadi taat tidak bisa dalam waktu singkat,...