Bukti Cinta HakikiGaulfresh.com – Saya yakin kita semua udah gak merasa asing dengan kalimat ini “Tidak ada manusia yang sempurna” atau bahasa gaoooolnya “No Body Perfect”. Ya ini benar sekali, gak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Semua memiliki kekurangan dan kelebihan, semuanya pernah melakukan kebaikan dan keburukan, semuanya pernah melakukan kebenaran dan kesalahan. Terlepas dilakukan secara sadar atau tidak (khilaf).

Tapi sayang, penyakit hati sudah menjalar hampir pada setiap orang. Pengennya mengomentari, mencibir atau bahkan menghina kalau ada yang melakukan kesalahan. Apalagi kalau kesalahannya tuh fatal, nah terlebih lagi kalau yang melakukan kesalahan itu adalah orang yang tersoroti. Artis misalnya, atau orang yang terkenal shalih/ah dilingkungannya. Nah udah tuh kalau orang-orang tersebut melakukan kesalahan, barang pasti orang sekitar mencibir dengan berbagai caranya. Contoh kalimat sederhananya “orang berilmu kok melakukan kesalahan, mending saya bla bla bla ……..” atau “Yah orang ngaji aja masih banyak yang salah, bla bla bla bla …….” dan lain sebagainya.

Memang ya satu kesalahan orang lain bisa menutup semua kebaikannya, sehingga membuat buta dan kebaikan sepertinya tak dapat dilihat bahkan diingat lagi. Ironis bukan?

Hal yang wajar memang, tapi bukan berarti kebiasaan tersebut gak bisa ditinggalkan. Daripada kita mencibir orang yang berbuat salah, alangkah lebih baiknya kita ingatkan agar ia kembali pada jalan yang benar. Toh sama-sama bicara kan yaa? Sama-sama mengeluarkan energi juga kan? Tapi bedanya kalau mencibir selain cape bicara terus yaaa dosa juga pasti dapet, nah kalau yang satu lagi sama-sama bicara tapi lebih bermakna karena mengingatkan seseorang pada jalan kebenaran bisa dapet pahala lhooo apalagi kalau orang yang diingatkan melaksanakan pahalanya terus mengalir tanpa mengurangi pahalanya (yang melaksanakan).

Inilah bukti cinta sebenarnya, kalau kita sayang pada seseorang maka ingatkanlah selalu dalam kebenaran dan kesabaran sebagimana firman Allah dalam Surat Al-‘Asr ayat 3 “………dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran”.

Hayoooh pilih yang mana? Toh sama-sama bicara, yang beda isi dan hasilnya. Oke siiip, mulai dari sekarang kalo ada yang salah ingatkan untuk kembali pada jalan yang benar bukan terus dicibir dan membiarkannya dalam kesesatan.

 

 

Oleh: Sarah Mulyani (Kontributor Gaul Fresh)

sarah mulyani#IndonesiaTanpaPacaranCelotehCintaDakwahBicara bermakna,Ingatkan,Jangan Cibir Aku,Mari menumpuk pahala,Saling MenasihatiGaulfresh.com – Saya yakin kita semua udah gak merasa asing dengan kalimat ini “Tidak ada manusia yang sempurna” atau bahasa gaoooolnya “No Body Perfect”. Ya ini benar sekali, gak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Semua memiliki kekurangan dan kelebihan, semuanya pernah melakukan kebaikan dan keburukan, semuanya pernah...