Sssst Jangan Bilang-BilangGaulfresh.com – Setiap manusia di dunia telah Allah berikan potensi yang sama. Bahkan ada yang telah diberikan beberapa kelebihan oleh-Nya, dan bagusnya lagi kelebihan ini dapat membantu orang-orang yang kurang beruntung dan membutuhkan bantuan tersebut. Bagus bukan kalau punya kelebihan terus bisa bantu orang yang membutuhkan? Jelas ini bagus, tapi ………………………….

Eh kok ada tapinya yaaa? Iya tapi sayang kalau ternyata kebaikan yang telah dilakukan malah tak nampak sedikit pun. Iih kok bisa gitu? Kok bisa hilang sih? Iyaaa bisa hilang kalau sudah melakukan kebaikan terus berisik kasih kabar kesana kemari alias diumumkan. Allah SWT sudah mengingatkan dalam QS. Al Baqarah ayat 264 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima)”.

Tuh kan Allah saja sudah melarang kita untuk menyebut-nyebut kebaikan yang telah dilakukan. Jadi kalau sudah melakukan suatu kebaikan langsung kunci bibir rapat-rapat dan Sssssst jangan bilang-bilang, sembunyikan kebaikan sebagaimana kita bisa menyembunyikan keburukan kita. Sudah melakukan amal shalih, lupakanlah jangan disebut-sebut apalagi sampai diumumkan ke seantero negeri, huuuh parah. Udah sih diam saja biarkanlah hanya Allah yang membalas, toh balasan dari Allah akan lebih bernilai dari apa pun.

Selain hilang pahala, ternyata Allah juga tak mau melirik lhoooo. Coba simak baik-baik  hadist berikut, Diriwayatkan dari Abu Dzar bahwa Rosulullah SAW. Bersabda: “Ada tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah di hari kiamat. Allah tidak akan melirik mereka dan tidak akan mensucikan mereka. Mereka akan mendapatkan siksa yang sngat pedih. Abu Dzar berkata “Sedih dan rugilah mereka. Siapa mereka wahai Rosulullah?” Rosulullah SAW bersabda “Mereka adalah orang yang mengulurkan pakaiannya hingga bawah mata dengan kesombongan, orang yang suka mengingat-ingat pemberian, dan orang yang mengembangkan hartanya dengan sumpah dusta” (HR. Muslim)

Tuh lhooo sampai gak dilirik oleh Allah, mau Allah tidak melirik kita?? Na’udzubillah, semoga Allah tetap menjaga kita dari maksiat. Aamiin. Yuk kita biasakan beramal shalih dan ingat Ssssst jangan bilang-bilang.

 

Oleh: Sarah Mulyani (Kontributor Gaul Fresh)

sarah mulyani#IndonesiaTanpaPacaranCelotehNafsiyahGak usah disebut-sebut,Ikhlas dalam berbuat,Jangan bilang bilang,Lakukan yang terbaik,sembunyikan kebaikanGaulfresh.com – Setiap manusia di dunia telah Allah berikan potensi yang sama. Bahkan ada yang telah diberikan beberapa kelebihan oleh-Nya, dan bagusnya lagi kelebihan ini dapat membantu orang-orang yang kurang beruntung dan membutuhkan bantuan tersebut. Bagus bukan kalau punya kelebihan terus bisa bantu orang yang membutuhkan? Jelas ini bagus,...